Jumat, 10 April 2015

Kegiatan Seru, Membuat Film Pendek


Beberapa bulan lalu, selesai pelaksanaan kegiatan ospek #Freefilm (KPITV) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, seluruh peserta diminta tugas mengenai pembuatan film berdurasi pendek

Judulnya bebas, kreasi ide anggota bersama kelompoknya masing-masing selama sebulan. Sejak hari itu, seluruh kelompok bergerak untuk membuat film pendek.

Akhirnya, saya bersama delapan orang sahabat yang luar biasa (Abdullah, Bambang, Bella, Berliana, Faris, Ramdhan, Taji dan Zeta) ditambah tiga orang kakak semester atas (teh Rofi, teh Wulan dan teh Yunita) yang tergabung dalam kelompok H, langsung mengadakan rapat untuk pembuatan film tersebut.

Pertamanya kami bingung mau buat fillm seperti apa? siapa yang punya kamera? Siapa yang menuliskan ide cerita film dan sejumlah pertanyaan yang lainnya. Alhamdulillah, kawan-kawan di kelompok H langsung bergerak cepat dan berbagi tugas. Saya sendiri kebagian untuk pegang kamera (kameramen) bersama seorang kawan.

Diskusi pun mulai digelar, ide cerita juga sudah mulai terlihat. Adalah Siti Fatimah Zahra atau akrab dipanggil Zeta yang punya ide cerita dalam film pendek yang digarap kelompok kami. Berjudul: “Maaf, Tolong, Terima Kasih”.

Setelah itu, alur cerita mulai dibuat. Hingga lahirlah konsep cerita yang matang dari kelompok kami. Tentunya, semua anggota kelompok punya jasa yang banyak, termasuk sang empunya konsep cerita yaitu Zeta.

Bersyukur, semua anggota ikutan urun rembug agar konsep ceritanya sesuai dengan keinginan kami satu kelompok.

Secara garis besar yang kami lakukan dalam diskusi membuat film pendek ini adalah: langkah pertama adalah mencari ide dasar, lalu tentukan pesan yang ingin disampaikan dalam film pendek tersebut.

Selanjutnya, buatlah synopsis atau garis besar dari keseluruhan cerita, tentukan pemain yang akan memainkan peran.

Langkah kedua adalah membuat storyboard, langkah demi langkah pengambilan gambar untuk setiap adegan yang dilakukan. Tentukan lokasi pengambilan gambar untuk setiap adegan, sesuai dengan alur cerita yang dibuat.

Langkah ketiga, mulai pengambilan video sesuai dengan storyboard di lokasi yang telah ditentukan. Lalu, ambil adegan-adegan sebanyak mungkin (untuk stok data), agar nantinya banyak pilihan pada saat editing.

Selanjutnya, lakukan akting dengan baik, sesuai peran yang sudah dibagi, pada adegan yang telah ditentukan.

Setelah semua yang dipersiapkan sudah dilakukan, maka langkah terakhir adalah proses melakukan editing dengan software video editor, ditambah musik latar. Selesai.

Setelah berupaya sebaik mungkin, mulai dari pembuatan konsep, ide cerita, pengambilan gambar, editing dan lainnya. Alhamdulillah, capek yang selama proses pengambilan gambar ini bisa terbayarkan dengan hasil yang baik.

Terakhir, saya ucapkan pula banyak terima kasih kepada teman-teman kelompok H yang turut membantu selama proses pengambilan gambar, juga kakak kelas yang ikut membantu proses dari awal hingga film pendek ini selesai. Semoga kebersamaan, kebaikan dan kerja ikhlas teman-teman mendapatkan pahala dari-Nya.


Pemain: Abdullah, Bambang, Bella, Berliana, Ramdhan serta teh Yunita dan teh Rofi
Kameramen: Faris, Taji
Ide Cerita, Sutradara: Zeta
Editor: teh Wulan





Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :