Jumat, 17 April 2015

Film Perempuan Berkalung Sorban


Identitas Film

Judul : Perempuan Berkalung Sorban
Sutradara : Hanung Bramantyo
Produser : Chand Parwez Servia
Pemeran :
1. Revalina S. Temat sebagai Anissa
2. Oka Antara sebagai Khudori
3. Widyawati sebagai Nyai Muthmainnah
4. Reza Rahadian sebagai Samsudin
5. Joshua Pandelaki sebagai Kyai Hanan
6. Leroy Osmani sebagai Kyai Ali
7. Francine Roosenda sebagai Kalsum
8. Nasya Abigail sebagai Anissa muda
9. Aditya Arif sebagai Khudori muda

Film Perempuan Berkalung Sorban (PBS) ini merupakan film karya Hanung Bramantyo, yang diambil dari novel karya Abidah EL Khalieqy dengan judul yang sama.

Film ini mengisahkan perjuangan seorang perempuan yang menginginkan hak dan kemerdekaannya disamakan dengan laki-laki. Perlawanan Anissa, seorang santriwati terhadap pengekangan perempuan di pesantren. Dalam film itu, Annisa berkata Islam tidak adil terhadap perempuan.

Tapi tradisi di pesantren tidak dapat membantunya. Selain itu ia juga tidak mampu menolak permintaan orang tuanya. Film ini merupakan film drama romantis bertema Islam. Film yang bergenre drama ini bercerita tentang Anisa yang nakal terhadap tradisi pesantren.

Anisa (diperankan Revalina S Temat) berjuang untuk keluar dari kungkungan pesantren, tempat dia dilahirkan dan dididik dengan ilmu-ilmu agama. Perjalanan hidup Anissa membuatnya beranggapan bahwa Islam membela laki-laki sementara posisi perempuan sangat lemah dan tidak seimbang. Ia pun mulai menyatakan protes yang kemudian selalu dianggap rengekan anak kecil

Khudori (diperankan Oka Antara), paman dari pihak Ibu, selalu menemani dan menghibur Anissa. Diam-diam Anissa menaruh hati kepada Khudori. Tapi cinta itu tidak terbalas karena Khudori yang sebenarnya juga menaruh hati pada Anissa, menyadari dirinya masih ada hubungan dekat dengan keluarga Kyai Hanan (diperankan Joshua Pandelaki), ayah Annissa.

Khudori pun melanjutkan sekolah ke Kairo. Sementara, Anissa diam-diam mendaftarkan kuliah ke Jogja dan diterima tapi Kyai Hanan tidak mengijinkan. Orang tua Anissa pun akhirnya menikahkannya dengan Samsudin (Reza Rahardian), seorang anak Kyai.

Sekalipun Anissa berontak, namun pernikahan tetap berlangsung. Pada kenyataan, Samsudin menikah lagi dengan Kalsum (diperankan Francine Roosenda). Dalam perjalanan kemudian, Anissa dipertemukan kembali dengan Khudori.

Film “Perempuan Berkalung Sorban” ini banyak menyedot perhatian penonton Tanah Air. Namun kesuksesan itu diwarnai sejumlah kritikan. Film tersebut begitu kental akan unsur SARA dan justru bagi kebanyakan orang dianggap tidak merepresentasikan nilai-nilai Islam yang paripurna.

Dalam ilmu komunikasi, film masuk dalam kategori media penyampai pesan. Oleh karena itu, penyampai pesan harus membuat filmnya dapat dengan mudah dipahami oleh penerima pesan.



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :